ALWANMI Meminta Pengadilan Membebaskan Gunata Prajaya Halim

Bekasi, Koran Lacak – Aliansi Wartawan Non-Mainstream Indonesia (Alwanmi) melalukan orasi dan menggelar aksi di halaman kantor Pengadilan Negeri Bekasi, Jl. Pangeran Jayakarta, Bekasi Kota, Rabu (17/4/2024)
Adapun isi orasinya adalah menuntut pembebasan Gunata Prajaya Halim (52) dan penanganan yang adil terhadap ayahnya, Wahab Halim (85). .

ALWANMI menyatakan bahwa sistim hukum.kita tidak baik kalau seandainya dilakukam penahanan fisik Gunata Prajaya Halim dan penetapan penahanan terhadap Wahab Halim.

Kami para Jurnalis yang tergabung di dalam Aliansi Wartawan Non-Mainstream Indonesia berkewajiban turut memberi pemahaman dalam mewujudkan keadilan  kepada seluruh masyarakat dunia secara universal, seluruh masyarakat Indonesia melalui kasus ini,” ujar Ir. Chrisman A. Simanjuntak Sekjen Alwanmi dalam orasinya.

Dalam Surat Terbuka tersebut,dia menyampaikan didepan awak media terkait keabsahan kepemilikan Surat Hak Milik (SHM) atas tanah. Mereka merujuk pada Pasal 32 ayat (2) Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 1997, yang menyatakan bahwa jika sertifikat tanah telah diterbitkan secara sah atas nama pemilik dengan itikad baik dan nyata, maka pihak lain yang mengklaim hak atas tanah tersebut tidak dapat lagi menuntut ganti rugi, jika dalam waktu 5 tahun sejak penerbitan sertifikat tidak mengajukan keberatan secara tertulis kepada pemilik sertifikat atau kepada Kepala Kantor Pertanahan yang bersangkutan, atau tidak mengajukan gugatan ke pengadilan terkait kepemilikan atau penerbitan sertifikat tersebut.

ALWANMII yakin bahwa kasus penahanan terhadap Gunata Prajaya Halim merupakan hal yang sangat tendensius untuk dipaksakan. Mereka sangat yakin bahwa yang bersangkutan seharusnya dilepaskan dari tahanan, sebagaimana yang terjadi. (Sam/tim)

Share this post

Post Comment