Parna Sektor Sindangkarsa Rayakan Bona Taon ke 19 Sekaligus Pengukuhan Pengurus Baru

Depok, Koran Lacak – Dengan penuh suka cita, punguan Pomparan Raja Naiambaton ( Parna ) Sektor Kp Sindangkarsa, Kecamatan Tapos, Kota Depok, rayakan pesta bona taon yang ke 19, dimana pelaksanaannya diadakan di Rumah Kudus, Studio Alam TVRI, Jalan Raden Saleh, Kelurahan Sukmajaya, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok, Minggu ( 04/02/2024 ).

Dalam kesempatan ini sekaligus juga pengukuhan pengurus baru yang sebelumnya telah terbentuk, untuk mengantikan kepengurusan sebelumnya hingga 3 tahun ke depan, sesuai yang di atur dalam Anggaran Dasar Rumah Tangga ( ADRT) punguan. 

Adapun ketua terpilih adalah Manihar Sitanggang, yang berhasil mendapatkan suara terbanyak ketika dilakukan voting sebulan yang lalu, untuk menggantikan Janindo Sidauruk, yang sudah dua priode memimpin punguan Parna sektor Sindangkarsa ini

Terlihat antusias anggota punguan sangat luar biasa. Tercatat hampir 100% anggota yang hadir mengikuti kegiatan ini, dengan kompak mengenakan atasan seragam kaos berwarna biru lengkap logo parnanya yang telah disediakan panitia, menunjukkan kekompakan dan kebersamaan punguan Parna Sindangkarsa sekitarnya sangat solid.

Nampak logo parna dengan gambar rumah batak bertuliskan, ‘’ Sisada Anak Sisada Boru Tung Naso Jadi Marsiolian,’’ dalam terjemahannya adalah, ‘’Masih Satu Keturunan Tidak Bisa Saling Menikahi’’

Kegiatan dimulai dari pukul 9 00 WIB, diawali kebaktian pagi yang dipimpin Pendeta Leonardi Rumahorbo, didampingi St Hotmauli Tamba sebagai yang membawa agenda. Adapun ‘’Thema  ; Tuhan adalah Allah yang kekal, ( Jesaya 40, 28 a ) dengan Sub Thema ; Selalu mengandalkan Tuhan dalam setiap perjalanan kehidupan.’’

Usai kebaktian dilanjutkan dengan tiup lilin dan potong kue yang sudah disiapkan panitia, dimana dalam Kue tersebut tertulis angka 19, yang artinya saat ini punguan  Parna Sindangkarsa telah genab berusia 19 tahun. Sambil menyanyikan lagu ‘’Selamat Ulang Tahun’’, ketua diberi kesempatan menyalakan lilin dan meniupnya kembali dan dilanjutkan potong kue untuk dibagi bagi.

Yang tidak kalah meriah, panitia juga menampilkan hiburan dengan lantunan lantunan lagu yang dibawakan artis artis internal punguan, yang bila disandingkan dengan artis artis ternama, tidaklah kalah hebat dalam hal olah vokal, membuat semua anggota larut dalam kegembiraan, berjoget bergembira ria.

Ketua panitia Marganda Sigalingging dalam sambutannya, Mengucapkan banyak terimaksih kepada seluruh anggota dan BPH punguan Parna Sindangkarsa atas partipasinya sehingga acara ini bisa berjalan dengan baik.

‘’Bila mana ada yang kurang dalam penyuguhan kegiatan ini dan pelayanan yang kurang maksimal, kami sebagai panitia mohon maaf, kiranya bisa dimaklumi. sambung Marganada.

‘’Pesan saya tetaplah kita saling merangkul, kalaupun ada duri dalam diri kita mari kita cabut, sekecil apapun duri itu akan terasa apabila duri itu tidak segera di cabut dan akan tetap sakit, apalagi kita pomparan raja naiambataon adalah sisada anak dan sisada boru, tandas Marganda.

Sementara Ketua Punguan Parna Sindangkarsa sebelumnya, Janindo Sidauruk, yang saat ini sudah menjadi penasehat, menyinggung sedikit kilas balik terbentuk punguan Sindangkarsa sekitarnya.

‘’ Punguan Sindangkarsa ini terbentuk pada tahun 2005, bermula ngopi ngopi barang diteras rumah beberapa marga parna, yang akhirnya ada kata sepakat daiantara kami, jadilah ini punguan yang awalnya kurang lebih 9 KK dan ketuanya saat itu J Simbolon/ br Siburian yang sekarang sudah tinggal dikampung,’’ ujar Janindo.

Janindo menambahkan, Seiring berjalan waktu, saat ini punguan Parna Sindangkarsa sudah berkembang dengan jumlah 37 KK. 

‘’Terimaksih kita uacapkan sama Tuhan, bisa seperti sekarang punguan Sindangkarsa ini, tidak lain adalah karena kita satu hati dan satu pikiran dalam menjalankan roda punguan ini, menandakan  Benar benar bahwa kita adalah sisada anak sisada boru, yang satu perasaan dan satu penanggungan’’sebutnya.

‘’Marilah kita saling memafkan apabila ada yang kurang berkenan diantara kita, ujarnya mengakhiri.

Dipenghujung acara, penyerahan tongkat kepemimpinanpun diserahterimakan dari ketua priode sebelumnya Janindo Sidauruk kepada Ketua terpilih Manihar Sitanggang, dan pengukuhannya langsung dilakukan oleh Ketua Parna Kota Depok, B Kripson Simbolon. 

Dalam sambutan pertamanya, Manihar Sitanggang mengucapkan terimakasihnya kepada seluruh anggota punguan, atas kebersamaan  dan kesamaan hati dan pikiran, sehingga acara ini bisa berjalan dengan baik dan begitu indah. ‘’ Tidak ada yang paling indah dari kebersamaan,’’ ucapnya.

‘’Kedepan, marilah kita sama sama membangun punguan ini menjadi lebih maju’’ tandas Manihar.

Dia mengakui, bahwa punguan parna sindangkarsa saat ini sudah maju dan berkembang ditangan pengurus sebelumnya, dan dirinyapun mengucapkan banyak terimakasih untuk hal itu. ( Jalampong R )

Share this post

Post Comment